Gala Siswa OI 2024 Dimulai, 16 Tim Rebutkan Juara

SBO, Indralaya— Gala Siswa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ogan Ilir 2024, resmi digelar.

Upacara Opening ceremony diberlangsungkan di Stadion Caram Seguguk Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, Senin.

Acara pembukaan dihadiri oleh 4.500 massa dibuka oleh Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan pembukaan GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten di Kabupaten Ogan Ilir.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, kami ucapankan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi terhadap penyelenggaraan GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten di Kabupaten Ogan Ilir,” tuturnya.

Menurut Ardani, tujuan GSI adalah untuk menyediakan wadah kompetisi dalam bidang olahraga atau kinestetik peserta didik.

“Sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, motivasi berprestasi, kreativitas, dan sportivitas,” lanjutnya.

“Serta berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, dan pembentukan peserta didik yang memiliki kepribadian dengan karakter unggul,” tambahnya.

Dikatakan Ardani, penyelenggaraan GSI ini bukan hanya tentang memenangkan medali atau tropi, tetapi juga tentang semangat kebersamaan dan sportivitas.

“Mari kita semua menjunjung tinggi nilai-nilai fairplay, dan saling menghargai satu sama lain. Tidak hanya di atas lapangan, tapi juga di luar lapangan,” ajaknya.

Ardani berharap, dengan gelaran GSI kali ini, dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan diantara seluruh pelajar di Kabupaten Ogan Ilir.

“Serta dapat menjadi ajang pembelajaran dan berbagi pengalaman berharga, bagi seluruh peserta,” tutupnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ogan Ilir, Sayadi mengungkapkan, sedikitnya 16 tim sepakbola akan ikut bersaing guna memperebutkan juara GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten di Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024.

“16 tim ini berasal dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir,” sebutnya.

Penyelenggaraan GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten Ogan Ilir ini, akan berlangsung mulai 8 Juli 2024 hingga 12 Juli 2024, di Stadion Caram Seguguk Tanjung Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Adapun tujuan pelaksanaan GSI tahun 2024 ini, yaitu, mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga, membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah.

Lalu, meningkatkan kecintaan dan apresiasi peserta didik terhadap cabang olahraga sepakbola, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab.

Kemudian, untuk mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air, serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah di Kabupaten Ogan Ilir.

“Pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Pelaksana GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024, Tatan Mayandripan, S.Pd.Jas, MM mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir.

“Seluruh pesertanya merupakan siswa SMP dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir,” katanya.

Adapun pemenang dari GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten Ogan Ilir ini, akan memperebutkan tropi serta uang pembinaan, yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para siswa.

Acara pembukaan GSI jenjang SMP tingkat Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024 ini, dihadiri pula oleh Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir, serta tokoh pemuda Ogan Ilir, Ahmad Wazir Noviadi.

JAMAL KASOGI
error: Content is protected !!