Ratusan Pengemudi Ojol Deklarasi Harga Mati Ir. H. Eddy Santana Putra, MT For Gubernur 2025

PALEMBANG – Ratusan anggota komunitas ojek online (ojol) lintas aplikator dari Kota Palembang yang mendukung Ir. H. Eddy Santana Putra, MT berkumpul di rumah aspirasi Eddy Santana Putra, MT, di Jalan Natuna nomor 46, Palembang, Kamis.

Mengatas namakan relawan E-RA BARU atau Deklarasi Ojol Ir. H. Eddy Santana Putra, MT for Gubernur Sumatera Selatan 2024, ratusan pengemudi ojol ini yakin Ir. H. Eddy Santana Putra, MT akan membawa perubahan buat nasib mereka.

“Kami yakin dengan mendeklarasikan Ir. H. Eddy Santana Putra, MT for Gubernur Sumatera Selatan, nasib kami yang selama ini kurang baik akan berubah dengan Ir. H. Eddy Santana Putra, MT dan Dr. Riezky Aprilia, SH, MH jadi gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan,” ujar Ketua Umum Driver Ojek Online Palembang, Boby Aprianto.

Boby Aprianto menyebutkan, status pekerjaan ojol dalam peraturan gubernur tidak disebutkan. Hal ini berarti negara melalui pemerintah daerah tidak ikut memperhatikan keberadaan mereka.

Indikatornya, kata Boby Aprianto, sudah 10 tahun ini pendapatan Ojol mssih jauh di bawah upah minimum regional (UMR) Sumatera Selatan. “Kami mencari Rp 100.000 saja per hari susah Pak,” keluh Boby Aprianto.

Dia menambahkan, keberadaan ojol selama ini diakui telah memperlancar dan mempercepat arus barang dan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, lanjut Boby, kontribusi ojol ini faktanya tidak ditunjang oleh perlindungan yang memadai dari pemerintah daerah sehingga status pengemudi ojol hingga saat ini tidak jelas.

“Kami dianggap bukan pekerja sehingga aturan buruh tidak berlaku. Tapi dianggap mitra walau hubungan kemitraan sangat timpang dan sepihak,” ujarnya.

Sehingga semakin banyak pengemudi ojol hidup dalam penderitaan dengan bekerja sekitar 16 jam per hari namun mendapatkan uang lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi.

Bagi ojol, pemilihan gubernur Sumatera Selatan adalah hal yang sangat penting karena dengan adanya pergantian gubernur yang memiliki kekuasaan pembuat peraturan daerah maka nasib ojol akan lebih baik ke depannya.

Dua Landasan Perjuangan

Pada kesempatan itu, para deklarator ojol juga menyampaikan dua poin penting untuk Ir. H. Eddy Santana Putra, MT dan Dr. Riezky Aprilia, SH, MH.

Pertama, pengemudi ojol menyatakan dukungan terhadap gagasan perubahan termasuk memperjuangkan perubahan pada pengaturan ojol sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan pengemudi ojol.

Kedua, pengemudi ojol pada saat hari pencoblosan siap untuk memenangkan pasangan nomor urut 2 Ir. H. Eddy Santana Putra, MT dan Doktor. Rizky Aprilia, SH, MH.

ADENI ANDRIADI

error: Content is protected !!