Bahlil Menggantikan Jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

SBO, Jakarta— PRESIDEN Joko Widodo disebut-sebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Senin 19 Agustus 2024. Salah satunya, jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang saat ini dijabat Arifin Tasrif akan digantikan oleh Menteri Investasi/Kepala Menteri Investasi Badan Koordinasi (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Saat dikonfirmasi Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Informasi dan Kerjasama Publik (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi, tak menutup kemungkinan adanya isu reshuffle besok.

“Kita tunggu kabar finalnya. Kita tunggu sampai nanti,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (18/8).

Agus menambahkan, untuk memastikan kapan perombakan kabinet akan dilakukan, pihaknya mengatakan pihak Istana akan mengumumkannya.

“Tunggu kabar dari pihak Istana”, tutupnya.

Bahkan, sejak akhir Juli lalu, Bahlil santer diisukan akan diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun hingga berita ini diturunkan, Media Indonesia belum mendapat konfirmasi dari salah satu pihak.

Sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM pada Oktober 2019, Arifin Tasrif pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jepang dan menjabat Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015.

Arifin Tasrif lahir di Jakarta pada tanggal 19 Juni 1953. Beliau menyelesaikan pendidikan universitas di Institut Teknologi Bandung dengan gelar Sarjana Teknik Kimia pada tahun 1972. Pada tahun 2011 beliau menerima Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization) atas karyanya kontribusi dunia profesionalnya sebagai insinyur di Indonesia dan kawasan.

ADENI ANDRIADI
error: Content is protected !!