Belasan Lokasi Kebakaran Ditemukan

SBO, Pangkalpinang– Belasan titik api atau dugaan titik panas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terdeteksi satelit di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, berdasarkan informasi BMKG, terdapat 12 titik api.

Ke-12 titik panas tersebut tersebar di Bangka Barat dan Belitung Timur, empat di Bangka Selatan, satu di Bangka Tengah, dan dua di Bangka.

“Jebus, Tempilang, Mentok dan Simpang Teritip di Belitung Timur. Di Bangka Barat berlokasi di Kelapa Kampit, di Belinyu dan Simpang Rimba (Bangka Selatan), di Bangka Tengah di Koba,” kata Mikron, Minggu (28/7).

Menurut Mikron, 12 titik api tersebut memiliki tingkat akurasi 8 sehingga berpotensi besar meyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

“Hal ini memang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan, namun kita harus memastikan bahwa kita tiba di lokasi kejadian sambil memadamkan api,” katanya.

Ia mengimbau warga tidak sembarangan membuang puntung rokok dan abu rokok, serta membakar lahan untuk berkebun.

“Angin kencang dan angin panas ini sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu kami selalu mengingatkan warga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata Mikron.

LAPORAN FIKRI

error: Content is protected !!