Timnas Indonesia U-19 Melaju ke Final

SBO, Surabaya— Timnas U19 Indonesia sukses melaju ke final Piala AFF U19 2024 setelah menggilas Malaysia dengan tipis skor 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 27 Juli 2024.

Kemenangan ditentukan oleh gol bunuh diri kiper Malaysia Muhammad Haziq pada menit ke-78.

Pertandingan ini awalnya berjalan cukup seimbang. Indonesia nyaris mencetak gol cepat pada menit ketiga melalui lemparan ke dalam Muhammad Mufli Hidayat yang disusul sundulan Arkhan Kaka. Namun, bola hanya berakhir di luar gawang.

Pada menit keenam, Malaysia juga mendapatkan peluang, namun kiper Ikram Algiffari meninju bola di kaki, setelah itu jatuh ke kaki pemain Malaysia di luar kotak penalti. Untung bagi Indonesia, bola bisa diblok oleh Dony Tri Pamungkas.

Malaysia beberapa kali mengancam pertahanan Indonesia, namun gagal.

Peluang Garuda Muda datang pada menit ke-30 melalui permainan terbuka yang menempatkan mereka di kotak penalti lawan, namun bola berhasil dihalau oleh pemain Malaysia. Hingga babak pertama berakhir, skor bertahan 0-0.

Timnas kembali mendapat peluang emas pada menit ke-63 lewat sepakan Dony Tri Pamungkas di depan gawang Malaysia, namun tendangannya masih bisa diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Indonesia terus menekan dan kembali mendapat peluang melalui Welber Jardim pada menit ke-74, namun sepakan masih melambung di atas mistar gawang.

Peluang lain datang dari Tony Firmansyah yang nyaris mencetak gol setelah masuk pada menit ke-74 namun tembakannya terlalu tinggi pada menit ke-78 saat kiper Malaysia Muhammad Haziq Aiman ​​​​mencetak gol bunuh diri mengubah skor menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Dengan kemenangan ini, Timnas U19 Indonesia akan menghadapi Thailand di final, setelah Thailand juga memenangkan semifinalnya dengan skor 1-0 melawan Australia.

Susunan pemain Indonesia Algiffari Kadek Arel Iqbal Gwijangge Buffon Dony Tri Mufli Welber Jardim Figo Denis Kafiatur Rizky Arkhan Kaka Jens Ravens Malaysia Muhammad Haziq Aiman ​​​​​​Muhammad Ridzwan Muhammad Shafizan Muhammad Zachary Ariff Safwan Danish Hakimi Muhammad Khalil Izzat Muhammad Syahrir Mohammad Haykal Pavithran Gunalan Muhammad Naim.

LAPORAN CRISTINA KISELF

error: Content is protected !!