Bantal Ganti Kereta Cepat Whoosh Dicuri  

SBO, Jakarta— PT Kereta Cepat Indonesia China mengungkap beberapa kasus pencurian bantal canggih yang dipasang di kursi penumpang Whoosh. Lantas secanggih apa bantal tersebut?

Bantal kereta cepat Whoosh dipasang pada bagian atas kursi kereta cepat dan berfungsi sebagai penyangga kepala saat penumpang duduk. Bantal tersebut memiliki dua warna yaitu coklat dan biru yang disesuaikan dengan warna kursi penumpang. Setiap kursi di kereta cepat terdapat bantal.

PT KCIC mengatakan bantal tersebut bukanlah bantal biasa namun memiliki kecanggihan untuk keselamatan penumpang.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan, bantal pada kereta cepat Whoosh didesain dengan spesifikasi khusus yang memiliki teknologi tinggi. Bantal dan kursi penumpang memiliki bahan tahan api sehingga dalam keadaan darurat berbagai potensi bahaya dapat diminimalisir.

Meskipun kejadian ini kecil, namun cukup merugikan perusahaan dan penumpang lainnya, ujarnya, Sabtu 27 Juli 2024. KCIC juga mengimbau seluruh penumpang untuk menaati aturan dan tidak merusak fasilitas umum seperti menghilangkan bantal di sandaran kursi kereta. Segala tindakan perusakan fasilitas di kereta Whoosh dapat dihindari. itu pasti akan dipantau melalui CCTV.

Eva Chairunisa menjelaskan, saat ini seluruh area stasiun, rangkaian kereta, dan jalur lintasan telah dilengkapi CCTV. Total ada 1.390 CCTV yang terpasang dalam kondisi baik dan diawasi secara khusus.

Himbauan untuk menjaga fasilitas juga selalu diberikan kepada penumpang selama perjalanan. KCIC juga akan terus memberikan edukasi kepada penumpang.

Himbauan untuk menjaga fasilitas juga selalu diberikan kepada penumpang saat melakukan perjalanan. KCIC juga akan terus melakukan edukasi kepada penumpang.

 

KCIC mengajak seluruh penumpang untuk bahu membahu menjaga fasilitas yang diberikan demi kenyamanan bersama serta menciptakan perjalanan yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan menjaga fasilitas umum yang ada.

PT KCIC menyayangkan perilaku penumpang yang merusak fasilitas Whoosh karena ada kasus pencurian bantal canggih kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dikatakannya, ada penumpang yang tidak menjaga fasilitas bantal di sandaran kursi kereta kelas ekonomi premium pada rangkaian kereta.

“Seluruh penumpang diimbau untuk tidak melepas atau mengambil bantalan kursi belakang kereta,” kata Eva Chairunisa yang mengungkapkan, hingga Juli 2024 telah terjadi enam insiden hilangnya bantalan kursi kereta Whoosh terpantau di dalam 44 CCTV yang tersedia di setiap rangkaian kereta.

Berdasarkan hasil penggeledahan kamera keamanan, ada penumpang yang sengaja melepas bantalan sandaran kursi.

Eva Chairunisa mencontohkan, perlengkapan bantal yang disediakan di setiap kursi KA Whoosh bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Sehingga tindakan sejumlah penumpang yang membuka dan melepas bantalan kursi kereta menimbulkan berbagai dampak negatif.

Seperti kejadian terakhir pada Juli 2024 yaitu Whoosh nomor G1247 rute Halim-Tegalluar yang berangkat pada 11 Juli 2024 berhenti di stasiun terakhir. Petugas pelayanan di dalam kereta melakukan pemeriksaan kebersihan dan bagasi.

“Ditemukan 1 kursi Ekonomi premium di KA nomor 6 tidak dilengkapi bantalan kepala,” kata Eva Chairunisa segera memeriksa CCTV dan melacak data penumpang sesuai prosedur yang berlaku.

Menurutnya, tindakan melepas atau mengambil bantalan kursi kereta api mengakibatkan rusaknya fasilitas dan berkurangnya kenyamanan penumpang sehingga dapat menghambat penumpang lain untuk menikmati fasilitas tersebut.

“Jika bantalan kursi kereta api hilang, maka QKIC telah untuk membeli dan mengganti pembalut yang hilang sehingga menimbulkan tambahan biaya operasional yang dikeluarkan QKIC yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan pelayanan lainnya”, kata Eva Chairunisa.

LAPORAN YULI WIDIANTI
error: Content is protected !!