Air Minum Mulai Mengalir di IKN

SBO, IKN— Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Pelaksana Tugas Ketua OIKN didampingi Wakil Menteri ATR/BPN selaku Wakil Ketua OIKN Raja Juli Antonia mengikuti langsung uji aliran air atau tes ke-3 beroperasi dari Pabrik Pengolahan Air Minum Sepaku ke Waduk Induk IKN Nusantara di titik tertinggi. Uji coba ketiga dilaksanakan pada Sabtu hingga Senin pagi 20 Juli hingga 22 Juli.

Pengujian ini merupakan bagian penting dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum Sepaku untuk memenuhi kebutuhan air minum IKN Nusantara. Setelah uji drainase berhasil, kini dilakukan drainase pada sistem dan jaringan, serta pemantauan ketat terhadap kualitas air di jaringan pipa untuk memastikan kualitas air minum yang baik, sesuai dengan standar kesehatan saat ini.

Harapannya pada akhir bulan Juli 2024, SPAM Sepaku sudah dapat beroperasi penuh melayani kavling dan bangunan di IKN Nusantara.

“Ini air minum, bukan sekedar air bersih. Air dari kran apartemen dan rumah di IKN bisa langsung diminum. Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke tangki. Kami berharap air minum ini bisa menjadi air minum. digunakan dalam beberapa hari ke depan,” tambah Menteri Basuki.

SPAM Sepaku terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi sepanjang 16 kilometer, reservoir, dan pipa distribusi sepanjang 22 kilometer. SPAM Sepaku Tahap I ditujukan untuk melayani Kantor Presiden dan Istana, Kementerian Sekretariat Negara, Paspampres, Komplek Kementerian Koordinator 1, 2, 3 dan 4, Amphitheatre, Galeri, Zona Pelayanan, Residen ASN, Rumah Menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya. seperti hotel, sekolah, toko dan rumah sakit.

TIM SBO
error: Content is protected !!