Marinir Indonesia dan AS berlatih bersama di Situbondo  

SBO, Situbondo— Prajurit Korps Marinir Indonesia bersama Korps Marinir AS mendalami materi gerak maju kontak, penyerangan, dan penyergapan di Pusdiklat Marinir 5 Baluran Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam keterangannya, latihan mengasah strategi gerak maju kontak, penyerangan, dan penyergapan ini merupakan rangkaian latihan bersama Pertukaran Peleton (Platek) 2024.

Komandan Satgas Latihan Gabungan Platex 2024 Letkol Roni Saputra mengatakan, kegiatan latihan bersama ini mempelajari berbagai materi gerak maju untuk kontak, serta penyerangan dan penyergapan, termasuk cara menyampaikan rencana manuver pasukan ke daerah persiapan.

“Juga serangan, pertahanan, dan dinamika pertahanan, latihan bersama ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit serta mampu mengetahui dan memahami tugas-tugas terpenting serta mampu melaksanakannya sesuai dengan jabatannya masing-masing,” ujarnya.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir juga mengatakan kegiatan pembelajaran ini merupakan salah satu cara untuk menjaga, meningkatkan dan mempertajam kemampuan taktis, teknis dan tempur prajurit di tingkat kelompok, regu, peleton dan kompi dalam aspek operasi tempur di darat.

“Laksanakan dengan sungguh-sungguh, pahami dan kuasai peralatan operasi tempur aspek darat karena sangat berguna dalam menjalankan tugas di wilayah operasional atau zona tempur,” kata Letkol Roni Saputra.(tim)

error: Content is protected !!