Kamis 13 Juni 2024, Awan Hujan Diprediksi Meningkat

SwaraBangsaOnline— Prakiraan cuaca Indonesia Kamis 13 Juni 2024 menunjukkan sirkulasi siklon di Samudera Hindia Barat, Sumatera, dan Samudera Pasifik timur laut Papua. Hal ini membentuk daerah konvergensi dari Papua Nugini hingga perairan utara Papua Barat, serta daerah pertemuan di Kepulauan Mentawai, Kepulauan Riau, dan Papua.

Daerah konvergensi terlihat di Laut Natuna Utara, mulai dari Laut Jawa hingga Sumatera Selatan, dari Kalimantan Barat hingga Laut Sulu, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Maluku Utara hingga Sulawesi Utara, dan dari Maluku hingga Laut Halmahera.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi atau pertemuan. Angin permukaan di Indonesia diperkirakan umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 40 km/jam. Potensi angin kencang di atas 50 km/jam diperkirakan terjadi di Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Suhu udara akan berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan berkisar antara 40 hingga 100%. Perkiraan tinggi gelombang laut di Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai juga potensi banjir rob di pantai utara Jawa.

Berikut prakiraan cuaca untuk kota-kota besar di Indonesia Kamis 13 Juni 2024:

Sumatera
Pekanbaru: Berkabut
Banda Aceh: cuaca cerah
Medan dan Tanjung Pinang: Berawan hingga hujan ringan
Padang: Hujan disertai kilat dan guntur
Jambi: Berkabut
Pangkal Pinang dan Palembang: Hujan ringan
Bengkulu: Hujan sedang
Bandar Lampung: Hujan disertai kilat dan guntur
Jawa
Serang, Jakarta, Yogyakarta: Berawan hingga berawan tebal
Semarang dan Surabaya: Hujan ringan
Bandung: Hujan disertai kilat dan guntur
Bali dan Nusa Tenggara
Cerah hingga berawan
kalimantan
Tanjung Selor, Pontianak dan Palangkaraya: Hujan ringan
Banjarmasin dan Samarinda : Hujan disertai kilat dan guntur
Sulawesi
Mamuju, Palu, Makassar dan Kendari: Hujan ringan
Gorontalo: Hujan deras
Manado: Hujan disertai kilat dan guntur
Indonesia bagian timur
Ambon, Manokwari dan Jayapura: Hujan ringan
Ternate: Hujan sedang

BMKG mengingatkan, informasi tersebut merupakan gambaran umum cuaca di masing-masing wilayah. Informasi cuaca lebih spesifik yang terupdate setiap 3 jam dapat diperoleh melalui aplikasi Info BMKG yang tersedia di App Store dan Play Store.

TIM SBO

 

error: Content is protected !!