Kolom Opini : Hajatan Besar

(Foto : katadata.co.id)
Penulis : OJ Fauzi

Besok hajatan besar, pak Rebo selaku tuan rumah makin sibuk aja nyiapin semuanya buat nyambut tamu undangan.

Undangan dah disebar, tiap gang dimasukin, semua lorong dijabanin, keluarga, kenalan, kerabat, tetangga, semua udah dipastiin dapet undangan. Kurang puas, spanduk ama baleho dipasang di tiap simpangan biar semua tau kalo mereka adalah “para tamu agung” yang bener-bener diharepin dateng ke hajatan besarnya pak Rebo.

Bahkan EO sengaja disewa buat masuk ke dunia maya menyebar undangan. Biar gak ada yang baperan.

Pak Rebo memang demokratis, gak pilih kasih. Semua yang berhak hadir, ya dipersilahkan hadir tanpa kecuali. Tanpa pemaksaan apalagi intimidasi.

Maklum, nggak tiap taon ngadain hajatan kayak gini jadi maunya semua perfect biar para tamu puas. “Ente puas, pasti pas” gitu motto pak Rebo biar tambah cemungut.

Hajatannya di SPBU tah?

“Nuwun sewu pak, itu motto nya kok kayak pertamina gitu ya?” gw penisilin nanya.

“Biar semua inget bahwa hajatan besar ini ibarat kita masuk ke SPBU ngisi bensin. Petugasnya kan pasti bilang : dimulai dari nol, ya pak. Nah, wong saya ngadain hajatan besar ini buat melanjutkan hidup, memulai yang baru. Start from zero,” katanya sambil ngerapiin peci.

“Emangnya panjenengan mau pindah rumah?” kata gw

“Yo enggaklah. Wong saya sudah kadung cinta dengan tempat ini. Sesuatu yang baru itu kan ndak mesti pindah. Kalo saya bilang “melanjutkan” apa lantas artinya saya pendukung status quo? Apa artinya saya nggak bisa bikin ide dan terobosan baru? Toh selama dalam kerangka kemaslahatan dan kepentingan bersama, maka itu adalah hal yang bagus. Melanjutkan itu artinya kita harus terus berbuat demi kepentingan bersama”

“Berarti kalo istilah “perubahan” juga nggak berarti yang lama nggak dipake ya pak?” tanya gw.

Of course dong. Kalo saya bilang “perubahan” bukan berarti produk yang lama itu jelek atau failure. Karena berubah itu bukan berarti total. Perubahan itu kan maknanya yang kurang diperbaiki, yang salah dibenerin. Kalo masih bagus, ya buat apa ditinggalkan.” ujarnya.

“Masalahnya kadangkala kita ini sering kepentok ama istilah, ditelan mentah tanpa dikupas. Yo mules jadinya. Mbok diresapi dulu, dilihat, diputer, dipandang, diterawang, jangan trus dijilat dan dicelupin. Omongan yang didenger kudu disaring dulu. Gak ngerti? Nanya! Kalo kurang puas ya cari second opinion.

Biar kita nggak diperbudak prasangka. Biar nggak saling getok, saling kecam, tuduh menuduh sesama sebangsa. Adab akhlakul karimah yang dikedepankan, agar tetap dalam pelukan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah, dan ukhuwah Insaniyah.

Inget kata pepatah : Gajah bertarung sama gajah, pelanduk mati di tengah”

Gw manggut-manggut.

Bener juga sih, kalo dipikir dalem pake hati nurani tanpa prasangka maka yang kita lihat adalah kertas putih. Yang siap ditulis dengan tinta emas untuk mengukir catatan sejarah yang membanggakan tentang prestasi. Toh semuanya punya tujuan sama : untuk kebaikan bangsa dan negara.

Gajah nggak perlu gelut, biar pelanduk luput.

Seperti kata Aristoteles : Politik itu ilmu praktis,  sebagai cara buat ngedapetin kebaikan, dengan cara yang baik, agar hasilnya baik. Karena itulah politik menekankan dan mengedepankan tindakan yang baik pula.

Semoga besok tamu pak Rebo datang dengan meninggalkan prasangka dan mengambil keputusan dengan hati nurani yang bersih tanpa harus merasa tertekan.

Karena mimpi itu perlu diperjuangkan agar hasilnya sesuai ekspektasi.

Selamat memilih wahai warga +62, suaramu akan menentukan nasib bangsa.
Kuat bukan berarti akan menang namun pemenang berarti yang terkuat.


 

Leave a Reply

error: Content is protected !!